Search

Tindak Lanjut Keluhan Warga,Dinas Kesahatan Kabupaten Pacitan Langsung Turun Tangan


Pacitan, Lidikinvestigasi.com-Dinas Kesehatan merupakan salah satu OPD yang sangat urgen dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Baik secara kedinasan maupun kemanusiaan. Termasuk kesigapan dalam menyediakan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat Kabupaten Pacitan. 


Salah satu sarana yang harus disediakan oleh dinas kesehatan adalah fasilitas kesehatan masyarakat yang harus ada dalam keadaan aman nyaman dan humanis terhadap pelayanan. 


Seperti halnya yang terjadi di salah satu puskesmas pembantu di wilayah kecamatan Pacitan. Hal ini disebabkan adanya bau yang menyengat di ruang pelayanan puskesmas pembantu tersebut yang diakibatkan oleh bocornya air resapan pembuangan dari kamar mandi. Selain karena adanya kebocoran bau air tersebut juga ditopang lagi dengan adanya genangan air yang berada di sekitar puskesmas pembantu tersebut, yaitu selain lokasinya dekat dengan area persawahan letak bangunan tersebut dekat saluran air sawah sehingga kemungkinan besar ada air sawah yang meresap di bak penampungan air tersebut "Terima kasih saya sampaikan kepada masyarakat yang sudah peduli terhadap sarana kesehatan, meskipun hanya mengadukan kepada kami, itu merupakan sikap peduli terhadap Pacitan. Kami akan terbuka dan selalu menerima aduan masyarakat terkait kesehatan, sehingga dengan aduan masyarakat tersebut kami bisa berbuat yang maksimal untuk masyarakat Pacitan. Kami juga meminta ma'af atas ketidak nyamanan pelayanan kami." ungkap dr.Daru Mustikoaji Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada awak media 04/03/2024.


Langkah dinas kesehatan Kabupaten Pacitan perlu diapresiasi, atas aduan warga tersebut , dr Daru langsung memerintahkan stafnya untuk mengidentifikasi lokasi tersebut. Dengan sigap dinas kesehatan langsung mengambil langkah untuk mengatasi timbulnya bau ruang tidak sedap tersebut yang mengganggu kenyamanan para pasien yang sedang meminta layanan kesehatan di puskesmas pembantu Banjarsari. 


"Kami langsung bergerak untuk mengecek lokasi tersebut, dan memang ada bau menyengat diruang pelayanan puskesmas pembantu itu, secara teknis bangunan itu tidak ada yang salah, namun karena ini musim penghujan sehingga volume air dari sekitar bak resapan menjadi berlebih, terlebih lagi ketika cuaca panas maka penguapan air disekitar bak resapan tersebut menambah penyebab bau yang luar biasa. Namun pada hari ini tim dari dinas kesehatan langsung mengambil tindakan untuk menghilangkan bau tersebut sesuai petunjuk pak Kepala Dinas. " jelas Retno Wulandari, Skm, MPH Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan 04/03/2024.

Memang benar adanya langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan atas aduan masyarakat tersebut,'Iya mas tadi ada orang kesehatan yang kesini melihat dan memeriksa saluran air dari kamar mandi dan melihat bak resapan air"kata salah satu pasien yang sedang meminta layanan kesehatan di puskesmas pembantu Banjarsari kapada awak media.